Peningkatan efektifitas pembinaan profesi guru

Posted by Unknown

Hampir empat dasawarsa terakhir, Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pendidikan Nasional terus melakukan inovasi dan perubahan dalam berbagai komponen sistem pendidikan nasional untuk meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan. Telah ditemukan dalam berbagai studi baik di Indonesia maupun di berbagai negara, bahwa komponen paling penting dalam peningkatan mutu pendidikan adalah pendidik.

Jika merupakan faktor yang paling inti dalam memicu kualitas pendidikan, maka peningkatan kualitas guru adalah keniscayaan. Pendidik yang profesional memiliki seperangkat kompetensi yang dipersyaratkan untuk menopang tugas dan fungsinya sebagai pendidik. Pendidikan profesional tidak sekedar menguasai bidang ilmu, bahan ajar, dan metode, tapi juga harus mampu memotifasi peserta didik, memiliki kecakapan yang tinggi dan berwawasan luas.

Berdasarkan PP No. 19/2005, untuk menjadi guru yang profesional, seseorang harus memnuhi baik kualifikasi maupun kompetensi sebagai sebuah profesi. Persyaratan kualifikasi seorang guru adalah sarjana, sedangkan persyaratan kompetensinya ditetapkan melalui standar kompetensi. Pendidik yang profesional mampu mengelola belajar siswa secara efektif hingga mencapai minimal standar kualifikasi yang telah ditetapkan. Pendidik yang profesional juga adalah mereka yang inofatif, kreatif, dan mampu melahirkan gagasan-gagasan segar untuk mendorong belajar siswa secara optimal. Sistem keprofesian guru ini menuntut kepada setiap guru untuk mewujudkan kapasitas, prilaku, dan karya-karya profesional untuk memacu lebih cepat lagi peningkatan mutu pendidikan.Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian penguasaan kompetensinya. Guru harus lebih dinamis dan kreatif dalam mengembangkan proses pembelajaran. Guru di masa mendatang tidak lagi menjadi satu-satunya orang yang paling well informed (berpengetahuan paling luas) terhadap berbagai informasi dan pengetahuan yang sedang berkembang dan berinteraksi dengan manusia di jagat raya ini. Di masa depan. Guru bukan satu-satunya orang yang lebih pandai di tengah-tengah siswanya

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment