Makalah Bahasa Indonesia Baku

Posted by Unknown

Pengertian Bahasa Indonesia Baku



Bahasa Indonesia baku adalah salah satu ragam bahasa Indonesia yang bentuk  bahasanya telah dikodifikasi, diterima, dan difungsikan atau dipakai sebagai model oleh masyarakat Indonesia secara luas.
Bahasa Indonesia baku mempunyai empat fungsi.


Pertama bahasa Indonesia baku berfungsi pemersatu. Bahasa Indonesia  baku mempersatukan atau memperhubungkan penutur berbagai dialok bahasa itu.
Kedua , bahasa Indonesia baku berfungsi sebagai penanda kepribadian. Bahasa Indonesia baku merupakan ciri khas yang membedakannya dengan bahasa-bahasa lainnya.
Ketiga , bahasa Indonesia baku berfungsi penambah wibawa. Pemilikan bahasa Indonesia baku akan membawa serta wibawa atau prestise. Fungsi pembawa wibawa berkaitan dengan usaha mencapai kesederajatan dengan peradaban lain yang dikagumi melalui pemerolehan bahasa baku. Di samping itu, pemakai bahasa yang mahir berbahasa Indonesia baku dengan baik dan benar´ memperoleh wibawa di mata orang lain.
Keempat,  bahasa Indonesia baku berfungsi sebagai kerangka acuan bagi pemakainya dengan adanya norma atau kaidah yang dikodifikasi secara jelas. Norma atau kaidah bahasa Indonesia baku itu menjadi tolak ukur  pemakaian bahasa Indonesia baku secara benar. Oleh karena itu, penilaian pemakaian bahasa Indonesia baku dapat dilakukan. Norma atau kaidah bahasa Indonesia baku juga menjadi acuan umum bagi segala jenis pemakaian bahasa yang menarik  perhatian karena bentuknya yang khas, seperti bahasa ekonomi, bahasa hukum, bahasa sastra, bahasa iklan, bahasa media massa, surat-menyurat resmi, bentuk suratkeputusan, undangan, pengumuman, kata-kata sambutan, ceramah, dan pidato.

silahkan dowload malakalah lengkapnya 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment