VPN (Virtual Private Network) di internet

Posted by fajar

VPN sendiri merupakan koneksi Virtual yang bersifat privat mengapa disebut demikian karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik hanya berupa jaringan virtual dan mengapa disebut privat karena jangan ini merupakan jaringan yang sifatnya privat yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN menghubungkan PC dengan jaringan publik atau internet namun sifatnya privat, karena bersifat privat maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya, oleh karena itu dperlukan keamana data.


Prinsip Kerja VPN

Prinsip kerja VPN pada dasarnya VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC. Jika digambarkan kira-kira seperti ini Internet <_> VPN Server <_> VPN Client <_> Client bila digunakan untuk menghubungkan 2 komputer secara private dengan jaringan internet maka seperti ini : Komputer A <_> VPN Client <_> Internet <_> VPN Server <_> VPN Client <_> Komputer B.

Jadi semua koneksi diatur oleh VPN Server sehingga dibutuhkan kemampuan VPN Server yang memadai agar koneksinya bisa lancar. Lalu apa yang dilakukan VPN ini? Pertama-tama VPN Server harus dikonfigurasi terlebih dahulu kemudian di client harus di install program VPN baru setelah itu bisa dikoneksikan. VPN di sisi client nanti akan membuat semacam koneksi virtual jadi nanati akan muncul VPN adapter network semacam network adapter (lan card) tetapi virtual. Tugas dari VPN client ini adalah melakukan authentifikasi dan enkripsi / dekripsi.

Nah setelah terhubung maka nanti ketika client mengakses data ketika client ingin membuka situs www.google.com request ini sebelum dikirimkan ke VPN server terlebih dahulu dienkripsi oleh VPN Client misal dienkripsi dengan rumus A sehingga request datanya akan berisi kode-kode. Setelah sampai ke server VPN oleh server data ini di dekripsi dengan rumus A, karena sebelumnya sudah dikonfigurasi antara server dengan client maka server akan memiliki algorith yang sama untuk membaca sebuah enkripsi. Begitu juga sebalinya dari server ke client

Keamanan jarigan VPN

Keamanan dengan konsep demikian maka jaringan VPN ini menawarkan keamanan dan untraceable, tidak dapat terdeteksi sehingga IP kita tidak diketahui karena yang digunakan adalah IP Public milik VPN server. Dengan ada enkripsi dan dekripsi maka data yang lewat jaringan internet ini tidak dapat diakses oleh orang lain bahkan oleh client lain yang terhubung ke server VPN yang sama sekalipun. Karena kunci untuk membuka enkripsinya hanya diketahui oleh server VPN dan Client yang terhubung. Ekripsi dan dekripsi menyebabkan data tidak dapat dimodifikasi dan dibaca sehingga keamanannya terjamin.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment