Upaya Pengembangan Kemampuan Bahasa Remaja Dan Implikasinya Dalam Penyelenggaraan Pendidikan

Posted by fajar

Perkembangan bahasa di pengaruhi beberapa faktor, yaitu:

1.     Umur Anak, bahasa seseorang akan berkembang sejalan dengan bertambahnya umur karena semakin bertambahnya pengalaman dan semakin matang pertumbuhan fisiknya.
2.  Kondisi Lingkungan, lingkungan memberi pengaruhyang cukup besar dalam berbahasa, perkembangan bahasa di lingkungan perkotaan akan berbeda dengan lingkungan pedesaan.
3.      Kecerdasan Anak, kemampuan motorik seseorang berkorelasi positif dengan kemampuan intelektual atau tingkat berpikir.
4.     Status Sosial Ekonomi Keluarga, keluarga yang berstatus ekonomi  baik akan mampu menyediakan situasi yang baik bagi perkembangan bahasa anak-anakdan anggota keluarganya.
5.      Kondisi fisik, seseorang yang cacat seperti bisu, tuli, atau suara tidak sempurna akan terganggu dalam berkomunikasi sehingga dapat mengganggu perkembangan dalam berbahasa.  

Strategi belajar mengajar di bidang bahasa dengan memfokuskan pada potensi dan kemampuan anak. Pertama anak perlu melakukan pengulangan(menceritakan kembali) pelajaran yang  telah diberikan dengan kata dan bahasa yang disusun oleh murid itu sendiri. Kedua guru dapar menambahkan perbendaharaan bahasa lingkungan yang telah dipilih secara tepatdan benar, sehingga para murid mampu menyusun cerita lebih komprehensif tentag isi bacaan yang telah dipelajari.

Perkembangan bahasa yang menggunakan model pengekspresian secara mandiri, baik lisan maupun tertulis, dengan berdasarkan pada bshsn bscssn sksn lebih mengembangkan kemampuan bahasa anak dan membentuk polabahasa masing-masing. Dalm penggunaan model ini guru harus banyak memberikan rangsangan kepada murid, serta sarana perkembangan bahasa seerti buku, surat kabar, majah dan lain-lain hendaknya disediakan di sekolah maupun di rumah.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment