Pembentukan membran embrio

Posted by fajar


Selama periode embrionik, membrane embrio terbentuk. Membran – membran ini berada diluar embrio dan berfungsi melindungi dan memberi amkan embrio. Membran – membran tersebut adalah kantong kuning telur, amnion, korion, dan alantois.

a.       Kantong kuning telur
Kantong ini adalah membran yang dibatasi endoderma. Pada beberapa spesieskantong kuning telur berfungsi menyediakan nutrisi utama bagi embrio. Pada manusia, kantong ini berfungsi menyediakan tempat mula – mula bagi pembentukan darah.kantong kuning telur juga mengandung sel – sel yang akan berkembang menjadi spermatogonium atau oogonium setelah bayi dewasa.
b.      Amnion
Amnion merupakan membran pelindung yang tebal. Saat embrio tumbuh, amnion menyelubungi embrio dan membentuk ruang yang berisi cairan amnion. Cairan amnion berfungsi melindungi embrio dari gesekan dan membantu regulasi suhu tubuh embrio.
c.       Korion
Korion merupakan derivat dari ektoderma dan mesoderma tropoblas. Korion menjadi bagian utama plasenta. Korion ini menyelubungi amnion dan kantong kuning telur.
d.      Alantois
Alantois berupa membran vaskular kecil yang merupakan tempat mula – mula pembentukan darah. Fungsi alantois adalah untuk respirasi, saluran makanan, dan ekskresi.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment