Contoh Beberapa Penyakit Menular Seksual

Posted by fajar



1.      Klamidia
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis, kadang penyakit ini timbul tanpa gejala, bila dengan gejala pada laki-laki biasanya terjadi rasa sakit ketika buag air kecil, sakit dan pembekakan pada testis. Pada perempuan terdapat bercak darah diluar masa menstruasi. Klamidia dapat menular kepada anak yang dilahirkan pada penderita, menyebabkan kelahiran premature, gangguan pernapasan dan penglihatan pada bayi. Klamidia yang parah dapat menyebabkan infertilitas. Kalmidia dapat di obati dengan antibiotic.

2.      Gonorea (kencing tanah)
Gonorea diakibatkan oleh bakteri neisseria gonorrhoeae dan dapat menginfeksi anggota tubuh selain organ kelamin seperti  mulut, mata,sendi dan tulang. Pada laki-laki kadang keluar cairan kekuningan dari alat kelamin. Pada perempuan keluar cairan berwarna hijau kekuningan. Genorea yang ditularkan dari ibu ke anaknya saat kelahiran dapat menyebabkan kebutaan. Bakteri nisseria dikenal mudah bermutasi menjadi resisten terhadap anti biotic. Oleh karena itu, genorea harus segera ditangani dengan intensif.

3.      Sifilis
Sifilis adalah salah satu PMS (penyakit menular seksual) yang paling berbahaya. Infeksi yang terjadi pada organ kelamin bagian luar ini disebabkan oleh bakteri treponema palledum.

Sifilis dapat berkembang ke tahap sekunder dan tersier yang mat sulit diamati. Sifilis sekunder amat menular sedangkan sifilis tersier tidak. Meskipun demikian, sifilis tersier menimbulkan berbagai kerusakan pada tubuh selain pada organ kelamin seperti otak, jantung, pembuluh, pembuluh darah, hati, dan lain-lain. Sifilis yang ditularkan ibu kepada anaknya saat kelahiran dapat mengkibatkan kebutaan dan kematian. Sifilis dapat diobati dengan penisilin dosis tinggi, namun kerusakan jaringan yang terjadi selama infeksi dapat disembuhkan kembali.

4.      Herpes Simpleks
Herpes disebabkan oleh virus. Pada perempuan, timbul luka pada organ kelamin pada bagian luar yang disertai gejala flu seperti sait kepala dan demam. Pada laki-laki, gejalanya mirip dengan sifilis, panyakit ini menular melalui hubungan seksual dan dari ibu kepada bayinya.pengobatan herpes harus dilakukansecara tekun dan tidak tidak dapat benar-benar sembuh. Obat yang ada hanya menekan gejala penyakit tersebut.

5.      AIDS (aquired immuno deficiency syndrome)
Penyebab penyakit ini adalah human immunodeficiency virus (hiv) yang menyerang kekebalan tubuh manusia. Akibatnya, penderita AIDS menjadi rentan terhadap penyakit dan infeksi. Penyakit flu biasa bias mematikan bagi penderita AIDS. Gejala aids amat sulit diamati karena mirip dengan gejla penyakit yang lain. Untuk memastikan seseorang benar terkena AIDS atau terinfeksi virus HIV diperlukan test khusus. AIDS menular melalui hubungan seksual, tarnsfusi darah yang tercenar virus HIV, penggunaan jarum suntik yang tidak steril, dan dari ibu kepada bayinya. Hingga saat ini belum ada obat yang mujarab untuk AIDS.

6.      Keputihan (fluor albus)
Penyakit yang dialami perempuan ini disebabkan oleh berbagai parasit, antara lain jamur candida albicans, protozoa dari jenis trichomonas viginalis, bakteri dan virus. Candida albicans menyukai lingkungan yang mengandung gula dan hangat. Jamur ini sering ditemukan pada perempuan hamil dan penderita diabetes mellitus (kencing manis).

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment